cover
Contact Name
Ibrahim
Contact Email
jurnalbiologieducation@serambimekkah.ac.id
Phone
+628126940323
Journal Mail Official
azwir@serambimekkah.ac.id
Editorial Address
Jl. Unmuha, Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Biology Education
ISSN : 2302416X     EISSN : 25492330     DOI : https://doi.org/10.32672/jbe.v10i1
Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan Oktober. jurnal ini menyajikan hasil penelitian di bidang pendidikan Biologi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Lesson Study, Pembelajaran lainnya dan penelitian Multi Disiplin Ilmu
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education" : 18 Documents clear
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR HIPOTETIKAL-DEDUKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMAN DAN MAN DI KOTA BANDA ACEH WInda Yursila; Muhammad Ali; Ismul Huda
Jurnal Biology Education Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.425 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v6i2.892

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar hipotetikal-deduktif dengan model siklus belajar. Pengambilan data dilakukan pada Maret 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga sekolah yaitu SMA Negeri 7, SMA Negeri 2 dan MA Negeri 3 Banda Aceh yang terdiri atas enam kelas yang berjumlah 126 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji parametrik independent sample t-tes dan uji non parametrik Mann-Whitney U dengan pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian terhadap motivasi belajar siswa adalah sig. (2-tailed) 0,012 0,05. Kesimpulan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang lebih baik pada motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan siklus belajar hipotetikal-deduktif daripada yang diajarkan hanya dengan model siklus belajar. Kata Kunci: Siklus Belajar Hipotetikal-Deduktif, Motivasi Belajar
PERANAN POLISI HUTAN DAN PETUA UTEUN (PANGLIMA HUTAN) DALAM MENJAGA KEARIFAN LOKAL HUTAN DIPEDALAMAN KECAMATAN GEUMPANG KABUPATEN PIDIE. Azwir wir; Ibrahim sufi
Jurnal Biology Education Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.858 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v6i2.893

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian tentang “Peranan Polisi Hutan dan Petua Uteun (Panglima Hutan) dalam Menjaga Kearifan Lokal Hutan di Pedalaman Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie.Tujuan Dari Penelitian Ini Untuk Mengetahui Peranan Polisi Hutan Dan Petua Uteun (Panglima Hutan) dalam Menjaga Kearifan Lokal Hutan di pedalaman  Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah, Tokoh Masyarakat, Petua Uteun (Panglima Hutan) dan Polhut yang berjumlah 42 orang. Sampel penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Teknik pengolahan data yang dilakukan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa polisi hutan memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga hutan dipedalaman Kecamatan Geumpang dan sering  melakukan pengamanan ke lapangan, 72% responden menyatakan bahwa sering turun ke pelosok-pelosok hutan untuk melihat kerusakan hutan berdasarkan laporan masyarakat, 8% reponden mengatakan bahwa jarang polisi hutan terlibat dalam kegiatan yang melanggar peraturan dan 20% responden mengatakan bahwa tidak pernah terjadi konflik antara masyarakat dengan polisi hutan, dapat disimpulkan bahwa polisi hutan sangat berperan penting dalam menjaga kearifan lokal hutan. Peran Peutua uteun dalam kearifan lokal belum maksimal karena belum sepenuhnya ada kesadaran dari masyarakat dan juga kerja sama dari pihak pemerintah setempat dalam mengupaya Kearifan Lokal hutan. Secara keseluruhan Peran Polisi Hutan dan Petua Uteun (Panglima Hutan) dalam Menjaga kearifan lokal Hutan di Pedalaman Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie sangat besar dalam mengelola hutan dan menjaga kearifan lokal Hutan. Kata kunci: Polisi hutan,  Petua uteun,  Kearifan lokal
PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS VIII MTsN KUTA BARO ACEH BESAR Fitri Raudhah
Jurnal Biology Education Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1071.997 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v6i2.894

Abstract

Penelitian berjudul “Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Siswa Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Kelas VIII MTsN Kuta Baro Aceh Besar ” telah dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2013 sampai dengan 4 Juli 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses siswa melalui pembelajaran berbasis praktikum pada pokok bahasan Pertumbuhan dan Perkembangan di MTsN Kuta Baro Aceh Besar.Metode dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan rancangan pretes dan postes kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 7 kelas yang berjumlah 155 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII5 dan kelas VIII3  masing-masing berjumlah 20 siswa. Pengambilan sample secara random sampling. Instrumen penelitian hasil belajar menggunakan tes dan analisis data menggunkan uji-t. Instrumen mengukur keterampilan proses menggunakan lembar pengamatan keterampilan proses siswa, yang dianalisis dengan rumus persentase. Hasil Penelitian menunjukkan t hitung t tabel (9,7 2,68). Pada kelas eksperimen memperoleh nilai 83,40 dan kelas kontrol 67,65 dan hasil keterampilan proses siswa 74,2 termasuk kedalam katagori baik. Pada kelas kontrol terdapat perbedaan hasil belajar dengan kelas eksperimen. Kesimpulan yang diperoleh adalah pembelajaran berbasis praktikum dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan MTsN Kuta Baro aceh Besar.  Kata Kunci:Peningkatan hasil belajar, Keterampilan proses, Pertumbuhan dan perkembangan
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH dewi Erianti; Khairil Khairil; Safrida Safrida
Jurnal Biology Education Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1176.317 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v6i2.1087

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEHDewi Erianti 1)., Khairil 2)., Safrida 3)1)Dosen STKIP Bumi Persada Lhokseumawe.,2) 3)Dosen Pascasarjana Universitas Syiah KualaDewi.erianti.de@gmail.com ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing dipadu media audio visual terhadap motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem endokrin. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Babun Najah Kota Banda Aceh pada April 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa dan tes untuk menilai keterampilan berpikir kritis berupa soal berbentuk uraian. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa     yaitu untuk motivasi belajar 4,9152,01, untuk keterampilan berpikir kritis 4,470 2,01. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing dipadu media audio visual berpengaruh terhadap motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa.Kata Kunci: Problem posing, Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Berpikir Kritis, Sistem Endokrin
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MADRASAH ALIYAH KOTA BANDA ACEH Fazrina rina; Khairil muhammad; Ismul Huda
Jurnal Biology Education Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.662 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v6i2.890

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dipadu media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan the matching only pretes posttest control grup design dengan sampel sebanyak 110 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi karya Jhon Keller untuk melihat motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji Mann Withney U pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji Mann Withney U motivasi belajar diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,044 0,05. Simpulan model pembelajaran discovery learning dipadu media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada materi sistem ekskresi di Madrasah Aliyah Kota Banda Aceh.
EFEKTIFITAS PENDEKATAN ACTIVE LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR, BERPIKIR KRITIS , SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH Nurul Akmal
Jurnal Biology Education Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.856 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v6i2.895

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar , berpikir kritis sikap ilmiah dan hubungan antara berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa melalui penggunaan pendekatan active learning pada materi sistem pencernaan di SMA Negeri 6 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah eksperimen  dengan sampel 47 orang siswa yang terdiri dari  kelas ekperimen berjumlah 24 orang dan kelas kontrol berjumlah 23 orang . Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan uji t pada taraf  signifikansi 0,05. Analisi data untuk berpikir kritis dan sikap ilmiah menggunakan rumus persentase sedangkan untuk mengetahui hubungan antara berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa menggunakan korelasi. Hasil uji t diperoleh peningkatan hasil belajar siswa thitung 11,84 dan ttabel 2,01. Jadi dapat disimpulkan bahwa  hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan active learning pada materi  sistem pencernaan terjadi peningkatan yang signifikan. Berpikir kritis dan Sikap ilmiah siswa melalui proses kegiatan praktikum sistem pencernaan dengan menggunakan pendekatan active learning terjadi peningkatan. Adanya korelasi positif atau hubungan yang tinggi antara berpikir kritis dengan sikap ilmiah dengan menggunakan pendekatan active learning pada materi sistem pencernaan Kata Kunci: active learning, hasil belajar, berpikir kritis , sikap ilmiah dan sistem pencernaan
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAFASAN DI MAN KEUMBANG TANJONG Khairunisak Khairunisak; Hasanuddin Hasanuddin; Khairil Khairil
Jurnal Biology Education Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1097.772 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v6i2.1086

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAFASAN DI MAN KEUMBANG TANJONG  khairunnisak1), hasanuddin2), khairil).1)Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Bumi Persada Lhokseumawe2,3) Universitas Jabal GhafurEmail: khairunnisa.mpbio15@edu.unsyiah.ac.id  Penelitian yang berjudul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Games Turnament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Tentang Sistem Pernafasan di MAN Kembang Tanjong”. Ini mengangkat masalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi tentang sistem pernafasan di MAN Kembang Tanjong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi tentang sistem pernafasan di MAN Kembang Tanjong. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Kembang Tanjong yang terdiri dari 2 ruang berjumlah 50 orang siswa. Sampel dipilih secara random , dan ternyata kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data dihitung dengan statistik sederhana yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perolehan thitung sebesar 7,42 dan ttabel 2,015, maka thitung ttabel (7,42 2,015) dengan taraf signifikasi 5% (0,05) dan derajat kebebasan db = (n1+ n2 – 2) = (25+25-2) = 48. Dengan demikian Ha yang berbunyi “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi tentang sistem pernafasan di MAN Kembang Tanjong” diterima kebenarannya. Kata kunci: Team Games Turnament (TGT), hasil belajar, sistem pernafasan
PENGARUH PENERAPAN MEDIA ASLI DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM MATERI AJAR TRANSPORTASI PADA TUMBUHAN DI SMP NEGERI ACEH BESAR. Ibrahim Sufie; Mahyiddin Mahyiddin
Jurnal Biology Education Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.036 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v6i2.891

Abstract

Materi ajar transportasi pada tumbuhan merupakan salah satu pokok bahasan yang dipelajari oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang banyak dijadikan bahan praktikum. Bagi guru yang kreatif praktikum di Laboratorium atau di lahan terbuka langsung pada tumbuhan agar mudah dimengerti oleh siswa, serta mudah diinvestasikan oleh guru dengan metode dan media pembelajaran. Penggunaan media gambar dan media asli harus benar-benar dapat berfungsi sebagai media  belajar untuk proses belajar. Dari hasil penelitian kita dapati informasi bahwa  terjadi perbedaan prestasi belajar siswa antara yang diajarkan dengan menggunakan gambar dan media asli pada materi ajar sistem transportasi di  SMP Negeri Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Aceh Besar, sedangkan sampel diambil dua kelas yaitu kelas dua sebanyak 87 orang dengan cara random kelasnya saja. Cara mengumpulkan data dengan menyajikan materi ajar sistem  transportasi pada tumbuhan, diberikan tes choice sebanyak 25 item tes. Analisis data digunakan uji-t yaitu untuk melihat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang diajarkan dengan media gambar dan media langsung pada pokok bahasan transportasi pada tumbuhan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh      t tabel pada taraf nyata 0,05 dan db = 37 yaitu 52,08. dengan demikian nilai t hitung t tabel atau 0,16 52,08.  berarti t-hitung lebih kecil dari t-tabel, artinya tak  ada perbedaan prestasi belajar siswa kelas dua  SMP Negeri  Aceh Besar antara yang diajarkan dengan media gambar dan media asli pada materi ajar sistem transprotasi tumbuhan. Kata Kunci : Penerapan, Media, Prestasi belajar
PERSEPSI DAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT PETANI TENTANG SERANGAN HAMA SERTA KERUSAKAN PADA TANAMAN PALA (MYRISTICA FRAGRANS) DI DESA KRUNG KLUET KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN Musriadi Aswad; Jalaluddin Jala; Siti Zahari
Jurnal Biology Education Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.373 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v6i2.896

Abstract

Penelitian tentang “persepsi dan tingkat pengetahuan masyarakat petani tentang serangan hama serta kerusakan pada tanaman pala (Myristica Fragrans) di Desa Krung Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan” pada tanggal 05 sampai dengan 10 November 2017. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah persepsi dan tingkatpengetahuan masyarakat petani terhadap serngan hama serta kerusakan pada tanaman pala (Myristica fragrans) di Desa Krung Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat petani pala yang ada di Desa Krung Kluet yang berjumlah 25  orang petani. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara (interview), observasi dan dokumentsi. Analisis data angket penelitian menggunakan rumus persentase, sedangkan wawancara, observasi dan dokumentasi di analisis secara deskriptif untuk mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi masyarakat petani terhadap serangan hama serta kerusakan pada tanaman pala (Myristica fragrans) di Desa Krung Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan berkatagorikan mengerti atau setuju karna melihat dari hasil yang di dapat, bahwa responden mengerti tentang cara penanaman tanaman pala, bagaimana cara pengendalian hama dan penyakit tanaman pala. Tingkat pengetahuan petani di Desa Krung Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan dalam melakukan pengedalain hama pada tanaman pala masih kurang baik, karena sebagian masayarakat petani belum memahami bagaimana cara pengendalainnya,dan juga para petani masih menggangap dalam melakukan pengendalain boleh mencampurkan beberapa macam peptisida tanpa membaca bahan aktif dan label yang terdapat dikemasan, sehingga menyebabkan sebagian tanaman pala menjadi busuk dan rusak. Hama-hama yang merusak tanaman pala adanya rayap, kumbang dan virus sehingga mengkibatkan produksi tanaman pala menurun.  Kata Kunci : Persepsi,  tingkat pengetahuan, serangan hama dan tanaman pala(Myristica fragrans).
PERSEPSI DAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT PETANI TENTANG SERANGAN HAMA SERTA KERUSAKAN PADA TANAMAN PALA (MYRISTICA FRAGRANS) DI DESA KRUNG KLUET KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN Musriadi Aswad; Jalaluddin Jala; Siti Zahari
Jurnal Biology Education Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.373 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v6i2.896

Abstract

Penelitian tentang “persepsi dan tingkat pengetahuan masyarakat petani tentang serangan hama serta kerusakan pada tanaman pala (Myristica Fragrans) di Desa Krung Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan” pada tanggal 05 sampai dengan 10 November 2017. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah persepsi dan tingkatpengetahuan masyarakat petani terhadap serngan hama serta kerusakan pada tanaman pala (Myristica fragrans) di Desa Krung Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat petani pala yang ada di Desa Krung Kluet yang berjumlah 25  orang petani. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara (interview), observasi dan dokumentsi. Analisis data angket penelitian menggunakan rumus persentase, sedangkan wawancara, observasi dan dokumentasi di analisis secara deskriptif untuk mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi masyarakat petani terhadap serangan hama serta kerusakan pada tanaman pala (Myristica fragrans) di Desa Krung Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan berkatagorikan mengerti atau setuju karna melihat dari hasil yang di dapat, bahwa responden mengerti tentang cara penanaman tanaman pala, bagaimana cara pengendalian hama dan penyakit tanaman pala. Tingkat pengetahuan petani di Desa Krung Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan dalam melakukan pengedalain hama pada tanaman pala masih kurang baik, karena sebagian masayarakat petani belum memahami bagaimana cara pengendalainnya,dan juga para petani masih menggangap dalam melakukan pengendalain boleh mencampurkan beberapa macam peptisida tanpa membaca bahan aktif dan label yang terdapat dikemasan, sehingga menyebabkan sebagian tanaman pala menjadi busuk dan rusak. Hama-hama yang merusak tanaman pala adanya rayap, kumbang dan virus sehingga mengkibatkan produksi tanaman pala menurun.  Kata Kunci : Persepsi,  tingkat pengetahuan, serangan hama dan tanaman pala(Myristica fragrans).

Page 1 of 2 | Total Record : 18